Gaya Hidup, Kesehatan

Rekomendasi Resep Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

Written by Dewa Artikel · 3 min read >
resep buka puasa

Harianku.net – Resep buka puasa bagi penderita gula darah banyak dicari. Pasalnya ketika bulan puasa tidak sedikit orang yang kebablasan makan, padahal ada penyakit degeneratif yang diidapnya. Makanan untuk buka puasa identik dengan makanan manis dan berlemak. Misalnya saja kolak, es buah, sup buah, dan lain-lain. Belum lagi aneka camilan yang manis atau juga makanan yang mengandung minyak. Tidak ada larangan untuk mengonsumsinya, tetapi takarannya perlu diperhatikan.

Menu Berbuka Untuk Penderita Diabetes

Makanan manis tujuannya untuk menggantikan energi yang hilang setelah puasa seharian. Bagi penderita diabetes tentunya perlu memperhatikan menu makanan agar kadar gula darah tidak melonjak. Asupan nutrisi bagi tubuh tidak perlu banyak bahkan melimpah ruah. Asalkan cukup menutrisi. Jangan sampai perut merasa begah seusai berbuka.

Gula darah harus tetap terjaga selama puasa, kendati makanan yang enak berjajar dan siap disantap. Bagi penderita diabetes, tak ada salahnya untuk memasak sendiri makanan untuk sahur dan berbuka. Berikut ini adalah resep buka puasa, bagi penderita diabetes.

Kurma

Kurma adalah makanan sunnah yang dianjurkan ketika berbuka puasa. Bagi penderita diabetes kurma adalah camilan yang masih boleh dikonsumsi. Hanya saja jangan campur kurma dengan makanan atau minuman apapun. Misalnya mengonsumsi cokelat kurma atau susu kurma. Campurannya yang digunakan itulah yang bisa jadi kurang aman bagi penderita diabetes.

Olahan Sayuran Hijau

Semua jenis sayuran hijau mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran hijau tidak berpengaruh banyak pada kenaikan gula darah. Sayuran hiijau bisa diolah menjadi resep buka puasa bagi penderita diabetes.

Anda bisa membuat menu sederhana dengan mengolah sayuran hijau. Misalnya membuat sayur bayam bening atau membuat sayuran hijau yang direbus atau dikukus. Perlu diketahui jangan terlalu lama merebus atau mengukus sayuran, sebab dapat menghilangkan kandungan nutrisinya.

Pengganti Nasi Putih

Resep buka puasa untuk penderita diabetes bisa dengan mengganti nasi putih. Lalu, dengan apa? Anda bisa mengganti nasi putih dengan makanan yang mengandung karbohidrat lainnya. Misalnya saja kentang,labu siam, gandum, dan beras hitam atau beras merah.

Baca Juga  5 Aplikasi Pengukur Jarak Lari, Teman Terbaik untuk Pecinta Joging

Makanan pengganti nasi putih tersebut bisa dikonsumsi ketika buka puasa sebagai pengganti nasi putih. Ini agar badan tidak terlalu berat dan glukosa yang diserap tubuh pun sesuai dengan ukuran puasa.

Makanan yang mengandung serat tinggi sangat baik untuk memperlambat proses pencernaan. Dengan demikian penyerapan nutrisi akan lebih maksimal dicerna dan diserap oleh tubuh.

Aneka Olahan Ikan

Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan mengonsumsi resep buka puasa dengan aneka olahan ikan. Sangat disarankan Anda mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3, seperti salmon, makarel, tuna, kerapu, dan lain-lain.

Omega-3 penting bagi tubuh terutama untuk meningkatkan kesehatan jantung dan otak. Selain itu ikan yang mengandung omega-3 dapat mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.

Namun perlu diperhatikan juga cara mengolah ikan. Untuk penderita diabetes mengolah ikan disarankan tidak digoreng atau diolah bersama santan. Anda bisa mengolah ikan dengan cara dipanggang atau dibakar. Mengapa demikian? Tujuannya untuk menghindari lemak trans dan lemak jenuh. Jangan lupa tambahkan sayuran agar lebih sehat untuk tubuh.

Buah-buahan Potong

Untuk penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi buah-buahan potong ketika berbuka dan juga sahur. Namun cara penyajiannya juga perlu diperhatikan. Buah segar atau buah potong sangat disarankan untuk penderita diabetes. Seperi apel, alpokat, pepaya, jeruk, melon, semangka, dan lain-lain.

Sebaiknya penderita diabetes tidak mencampur buah-buahan tersebut dengan gula buatan. Atau mengolahnya menjadi minuman yang dicampur dengan gula. Jika mengolahnya menjadi jus buah, sebaiknya tidak dicampur dengan gula atau susu.

Contoh Menu Resep Buka Puasa

Camilan

Untuk makanan ringan atau camilan Anda bisa mempraktikkan resep buka puasa dengan mencampurkan kurma asli dengan yoghurt. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sereal yang dicampur dengan susu rendah lemak.

Semangkok buah-buahan segar bisa Anda konsumsi secara rutin. Boleh Anda campur dengan madu. Namun jangan padukan dengan gula atau susu sebab dapat menghilangkan nutrisi pada buah.

Anda juga bisa membuat salad buah atau sayuran. Boleh mencampur dengan mayoneis, akan tetapi perhatikan jumlahnya ya. Olahan buah lain yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah smoothies buah. Cara membuatnya pun cukup mudah dan dijamin aman untuk penderita diabetes.

Baca Juga  Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

Makanan Utama

Ada beberapa resep buka puasa untuk penderita diabetes yang bisa Anda coba

  • Tumis Sayuran
    Jenis sayuran bisa brokoli, sawi manis, kangkung, atau jenis sayuran hijau lainnya. Caranya mudah. Potong dan cuci sayuran dengan air mengalir. Geprek dua siung bawang putih. Tumis dengan sedikit minyak jagung atau minyak kelapa.

    Campurkan sayuran dan beri sedikit air. Waktu maksimal yang digunakan untuk menumis sayuran maksimal tiga menit. Anda bisa menambahkan lada bubuk atau kaldu jamur. Beri garam sesaat setelah makanan matang.

  • Sayuran Rebus/Kukus
    Anda juga bisa mengolah sayuran rebus atau kukus. Waktu maksimal yang diperlukan maksimal tiga menit. Segera konsumsi sayuran rebus/kukus tersebut dan jangan biarkan menginap karena akan mengurangi nutrisi dan tidak lagi segar ketika dikonsumsi.

  • Ikan Panggang
    Seperti yang dijelaskan di atas, Anda juga bisa mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3. Untuk mengolahnya Anda bisa mengukusnya sebentar untuk melunakkan daging ikan.

    Setelahnya, panggang sebentar, Anda boleh memberikan sedikit minyak kelapa dan perasan jeruk nipis untuk memberikan sedikit rasa pada ikan. Ini juga bisa Anda coba pada tempe atau tahu. Selain itu bisa juga pada ayam dan daging. Jika menggunakan bumbu marinasi bisa juga, asalkan proses atau waktu pengolahannya pas.

  • Sambal kukus
    Sepertinya tak lengkap ketika berbuka puasa tidak makan sambal. Penderita diabetes tentunya tak ada larangan untuk mengonsumsi makanan pedas, hanya saja minyak yang digunakan untuk mengolah sambal yang menjadi ‘alarm’ bagi penderita diabetes.

    Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba sambel kukus. Bahannya sama dengan sambal biasa. Hanya saja Anda perlu mengukus terlebih dahulu bahan-bahan yang digunakan. Sebaiknya tidak mencampurkan minyak jelantah atau minyak panas sisa menggoreng ke dalam sambal.

  • Aneka Sup/Sayur Bening
    Selain tumis sayuran, Anda juga bisa mengolah sayuran menjadi sup atau sayur bening. Bumbunya simple dan tak perlu menggunakan banyak minyak. Anda bisa menggunakan lebih dari satu jenis sayuran yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama puasa.

Nah, itu dia beberapa jenis menu yang bisa Anda praktikkan selama bulan puasa. Kendati ditujukan untuk penderita diabetes, Anda yang bukan penderita tidak ada salahnya menerapkan gaya hidup sehat. Makanan yang sehat selama puasa juga berpengaruh pada tubuh kita lho. Nah, Siapapun bisa mencoba dan menerapkan resep buka puasa sehat tersebut di rumah. Selamat mencoba ya!

Written by Dewa Artikel
Nothing to prove, know your worth Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *