Gaya Hidup, Kesehatan

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

Written by Dewa Artikel · 2 min read >
posisi-tidur

Harianku.net – Posisi tidur rupanya berpengaruh pada kesehatan lho. Dalam sehari waktu ideal untuk tidur adalah 6-8 jam, agar badan kita kembali fit dan siap beraktivitas. Namun waktu tidur yang cukup ternyata tidak menjamin 100 persen kesehatan kita lho. Kualitas tidur juga ikut berpengaruh pada kesehatan. Tidur yang berkualitas memberikan banyak manfaat, tidak hanya mengembalikan kebugaran tubuh akan tetapi juga membuat otak bekerja secara optimal.

posisi tidur
Sumber Gambar: https://thesleepdoctor.com/

Itu sebabnya kualitas tidur haruslah dijaga. Agar tidak menganggu aktivitasmu di siang hari. Salah satu yang menentukan kualitas tidur adalah posisi tidur. Setiap orang tentunya memiliki posisi tidur yang berbeda. Agar berkualitas, kamu bisa mengubahnya dari sekarang dengan membiasakan posisi tidur yang sehat.

Berikut ini posisi yang ternyata berpengaruh pada kesehatanmu. Check this out!

Posisi Berbaring Atau Telentang

Posisi tidur telentang dengan kedua tangan di samping dianggap posisi yang paling baik. Ada juga yang menyebut sebagai posisi prajurit. Faktanya posisi ini memang yang terbaik, karena berada pada posisi yang sempurna untuk mengistirahatkan tulang belakang, leher, dan juga lengan.

Posisi ini juga membantu memperbaiki postur tubuh, mengurangi refluks asam, dan juga menjaga kesehatan payudara. Jika kamu mengalami insomnia coda deh posisi seperti ini, sakit kepala yang kamu derita juga bisa berkurang. Namun sayangnya posisi ini kurang baik bagi kamu yang mendengkur saat tidur. Nah, untuk mengurangi dengkuran, kamu bisa tidur tanpa menggunakan bantal.

Posisi Bintang Laut

Ini hampir sama dengan posisi telentang. Hanya saja kedua tangan diletakkan di kedua sisi kepala. Posisi bintang laut juga merupakan posisi sempurna untuk mengistirahatkan tulang belakang dan leher. Selain itu, diyakini juga bisa menyembuhkan insomnia dan gejala sakit kepala ringan.

Baca Juga  Nama Bayi Ramadhan, Punya Makna dan Arti yang Mendalam

Buat kamu yang punya gangguan asam lambung atau refluks lambung coba deh posisi tidur seperti ini karena zat asam dari perut tidak bisa masuk lagi ke kerongkongan. Namun perlu diperhatikan, posisi lengan yang berada di kedua sisi kepala dapat menyebabkan nyeri di bagian bahu. Agar nyaman kamu bisa tidur tanpa bantal, agar kepala, leher, dan tulang belakang agar tubuh dapat beristirahat secara alami.

Posisi Menyamping

Ada juga orang yang suka tidur dengan posisi lurus menyamping. Ini adalah posisi yang ideal untuk tulang belakang karena menerima penyangga penuh. Posisi ini juga bisa mencegah sakit pada punggung dan leher. Buat kamu yang mendengkur saat tidur, coba deh posisi ini karena diyakini dapat mengurangi gangguan tidur. Posisi menyamping ini sangat cocok untuk ibu hamil.

Sayangnya jika kamu punya hobi tidur menyamping dapat mengalami gangguan nyari punggung dan pinggul. Selain itu juga bisa mengakibatkan penuaan kulit, kerutan pada wajah, dan juga payudara yang mengendur. Untuk menghindari nyeri leher, kamu bisa menggunakan bantal berukuran besar. Kamu juga bisa menempatkan bantal di antara kedua paha Anda.

Posisi Miring

Ini adalah posisi banyak orang. Tidur dengan posisi miring, kaki sedikit ditekuk, tangan terlipat di samping kepala, dan posisi kepala agak miring. Jika kamu punya posisi tidut miring seperti ini, usahakan untuk menghadap ke kiri ya, agar organ vitalmu dapat beristirahat dengan lebih baik.

Posisi ini adalah paling nyaman, karena jarang membuatmu terbangun di tengah malam. Kemungkinan besar ini karena kenyamanan yang didapat oleh tubuh. Posisi tidur miring seperti ini juga bisa mengurangi risiko terjadinya gangguan alzheimer dan parkinson.

Baca Juga  Inilah 5 Aplikasi Kesehatan Online Terbaik

Hanya saja posisi seperti ini dapat menimbulkan risiko nyeri pada bahu dan lengan. Posisi miring yang kurang tepat juga dapat membebani organ tubuh lain seperti perut, hati, dan paru-paru. Agar lebih nyaman, kamu bisa meletakkan bantal di antara kedua lutut.

Posisi Meringkuk/Janin

Kamu pasti pernah melihat orang tertidur dengan posisi meringkuk seperti janin. Paling banyak ini dialami atau terjadi pada perempuan. Dalam sebuah penelitian 41 responden perempuan menyatakan suka dengan posisi ala janin ini.

Posisi tidur meringkuk dapat mengurangi kebiasaan mendengkur. Selain itu juga dapat mengurangi refluks asam. Ibu hamil sangat menyukai posisi seperti ini. Perlu diperhatikan, posisi meringkuk ini dapat membuat leher dan punggung tidak nyaman. Tak heran banyak orang yang mengalami nyeri di dua bagian tersebut ketika bangun tidur.

Agar tetap nyaman, kamu bisa menggunakan bantal yang kuat dan kokoh untuk menyangga bagian kepala dan juga leher.

Nah, ternyata posisi tidur juga berpengaruh kesehatanmu ya. Sebisa mungkin cari posisi tidur yang nyaman untukmu.

Written by Dewa Artikel
Nothing to prove, know your worth Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *