Tekno

Perbedaan RAM dan ROM yang Jarang Diketahui

Written by Ichsan Penulis · 1 min read >
perbedaan ram dan rom

Harianku.net – RAM dan ROM merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan saat membeli hp selain memberi kamera. Hanya saja banyak yang tidak mengetahui tentang perbedaan RAM dan ROM.

Padahal mengetahui perbedaan RAM dan ROM Hp sangat penting untuk dilakukan supaya bisa mengetahui tentang fungsi sebenarnya. Karena itu kali ini akan membahas tentang pengertian, dan juga perbedaan diantara keduanya.  

Apa Itu RAM

Sebelum mengetahui tentang perbedaan dari keduanya ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory atau memori akses acak yakni sebuah perangkat penyimpanan.

Perangkat penyimpanan ini bersifat sementara dan bisa diakses dalam waktu tetap tanpa memperdulikan letak dari data tersebut. Jadi mau letak datanya di memori atau acak akan tetap bisa diakses.

Semakin besar kapasitas yang dimiliki oleh RAM, maka pengaksesan data akan semakin cepat. Sehingga tidak heran jika RAM menjadi hal pertama yang dilihat ketika membeli HP ataupun perangkat digital lainnya.

Mengenal Lebih Jauh Tentang ROM

Kalau ROM sendiri merupakan singkatan dari Read Only Memory dan sama seperti RAM, ROM ini juga bisa diakses secara random. Hanya saja ROM tidak bisa dijadikan, digunakan, ataupun digolongkan sebagai RAM.

ROM merupakan sebuah perangkat keras yang ada di perangkat digital dengan bentuk seperti chip memori dan memiliki sifat semikonduktor. Sifat dari ROM ini adalah isinya yang hanya dapat dibaca saja.

Selain itu sifat dari ROM ini juga permanen, jadi data yang disimpan tidak akan mudah hilang dan berubah-ubah. Tidak perduli apakah aliran listrik sudah dimatikan ataupun tidak ada lagi daya yang menyokong, ROM ini akan tetap menyimpan data dengan baik. 

Baca Juga  Ini 5 Aplikasi Tulisan di Foto Paling Layak Diunduh

Perbedaan Antara RAM dan ROM

Setelah mengetahui pengertian keduanya, maka sekarang akan dibahas tentang perbedaan diantara keduanya. Perbedaan diantara RAM dan ROM adalah.  

Perbedaan Fungsi

Pertama terletak pada fungsi RAM dan ROM yang sudah pasti berbeda. RAM memiliki fungsi ntuk membaca, menulis data, dan juga menjalankan aplikasi dengan cepat.

Sementara ROM berfungsi untuk menyimpan program di awal pada saat aplikasi sedang diunduh, dan hanya bisa membacanya saja tanpa bisa melakukan perubahan pada data tersebut.

Perbedaan Tugas

Tidak hanya fungsinya saja yang berbeda, tapi RAM dan ROM juga memiliki tugas yang berbeda. Tugas dari RAM adalah menyimpan data yang masih bisa diakses secara acak kapanpun, dan dimanapun.

Selain itu RAM juga bisa menyimpan data untuk kemudian diakses dan diubah dengan mudah. Lalu ROM hanya sebagai penyimpan internal, yang tidak bisa diubah. ROM juga tidak bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi.

Kapasitas 

ROM memiliki kapasitas yang tidak bisa diubah, karena sudah merupakan setelan ataupun pengaturan dari pabrik pembuatnya. Hanya saja kapasitas ROM ini besar seperti 4GB, 32GB, bahkan sampai 1TB dan masih bisa lagi ditambah dengan memori eksternal.

Berbeda dengan RAM yang masih bisa ditingkatkan ataupun diupgrade untuk penyimpanannya. Selain itu kapasitas RAM juga memiliki kapasitas penyimpanan dan juga kecepatan yang cukup tinggi dibandingkan RAM.

Perubahan yang Dapat Terjadi

RAM memiliki sifat yang dinamis, yakni perubahan dapat terus menerus terjadi selama mengakses data yang disimpan. Hal ini dikarenakan data yang diakses berubah berdasarkan pada aplikasi yang dijalankan, dan saat tidak ada daya listrik RAM tidak akan berfungsi.

Berbeda dengan ROM yang memiliki sifat permanen, dan tidak akan berubah bahkan ketika tidak ada aliran listrik sama sekali. 

Baca Juga  Kelebihan Sistem Operasi Linux yang Jarang Diketahui Orang

Ternyata perbedaan RAM dan ROM sangat beragam, jadi jangan sampai bingung lagi dengan perbedaan keduanya. Karena ternyata fungsi dan tugasnya sangat berbeda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *