Gadget, Tekno

Perbedaan Kamera Analog dan Digital Dalam Dunia Fotografer

Written by Mas Tahu · 1 min read >
perbedaan kamera analog dan digital

Harianku.net – Pada dunia fotografer, kamera menjadi alat yang sangat penting dan menjadi kebutuhan pokok. Oleh karenanya, memahami karakteristik dari setiap kamera menjadi modal penting bagi seorang fotografer. Kamera analog dan juga kamera digital merupakan jenis kamera yang digunakan oleh banyak orang. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan kamera analog dan digital yang penting dipahami:

Hasil Tangkapan Gambar

Perbedaan pertama yang paling mencolok dari dua macam kamera ini adalah bagaimana hasil tangkapan gambarnya. Pada kamera analog, masih ada beberapa proses yang harus dilakukan sebelum hasil fotonya bisa dilihat. Biasanya membutuhkan suatu jenis cairan kimia untuk memunculkan hasilnya atau lebih dikenal dengan sebutan “mencuci foto.”

Sementara, kamera digital bisa memberikan hasil tangkapan gambar berbentuk digital dan dapat langsung dilihat. Hasil gambar ini disimpan ke dalam kartu memori yang mempunyai kapasitas penyimpanan cukup besar. Tidak hanya itu, gambar digital tersebut juga bisa dilihat dan dibagikan ke berbagai perangkat.

Proses Pengeditan Gambar

Foto yang dihasilkan dari kamera digital otomatis tersimpan dalam format gambar digital. Hal ini membuatnya mudah untuk diedit di berbagai perangkat, seperti PC maupun smartphone. Banyak aplikasi editing gambar yang bisa digunakan untuk memperindah hasil tangkapan kamera digital. Bahkan, kini juga bisa mengedit gambar secara online melalui beberapa website tertentu.

Namun, berbeda halnya dengan proses pengeditan gambar dalam film dari kamera analog. Proses pengeditan ini hanya bisa dilakukan dengan cairan kimia ketika proses cuci foto atau film. Beberapa cairan kimia tertentu akan menghasilkan beberapa efek tertentu yang diinginkan. Setelah itu, foto tersebut tidak dapat diubah atau diedit lagi.

Baca Juga  Rekomendasi Smartphone Samsung Terbaik Harga 2 Juta

Sensitivitas Terhadap Cahaya

Perbedaan kamera analog dan digital selanjutnya terletak pada sensitivitas lensa terhadap cahaya yang akan mempengaruhi hasilnya. Untuk kamera analog, ISO atau tingkat sensitivitasnya tergantung kepada Roll Film yang dipakai. Besaran ISO Roll Film modern yang ada saat ini biasanya berkisar antara 50 sampai 3,2 ribu dan tidak dapat diganti.

Sedangkan, untuk kamera digital, terdapat tombol khusus sebagai pengaturan besaran ISO sampai tingkat yang diinginkan. Hal ini membuat ISO yang ada pada kamera digital mampu diubah kapanpun sesuai kebutuhan. Rentang sensitivitas cahaya yang dimiliki kamera digital ini juga sangat besar, yaitu hingga mencapai ratusan ribu.

Dynamic Range

Sederhananya, Dynamic Range merupakan sesuatu yang memberikan gambaran titik yang paling terang ke titik tergelap. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada kualitas foto yang dihasilkan serta menunjukkan kualitas sensor kamera. Hal ini disebabkan saat Dynamic Range yang ada tinggi, maka kamera bisa memberikan detail gambar dengan sangat baik.

Kamera analog awalnya mempunyai tingkat sensor kamera untuk Dynamic Range yang lebih baik daripada kamera digital. Hal ini menyebabkan kualitas dari gambar kamera analog juga lebih baik. Banyak orang kemudian berminat pada kamera analog hingga membuatnya begitu populer.

Namun, saat ini kemajuan yang begitu pesat membuat Dynamic Range yang dimiliki oleh kamera digital lebih baik. Bahkan, kamera digital mempunyai tombol atau fitur khusus yang bernama HDR. Fitur ini sebenarnya adalah singkatan dari High Dynamic Range yang berfungsi membuat kamera bisa memberikan gambar dengan tingkat intensitas cahaya yang berbeda.

Bagaimanapun, kamera analog serta kamera digital mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Perbedaan kamera analog dan digital di atas menunjukkan bahwa keduanya mempunyai keunikannya tersendiri. Jadi, semoga informasi di atas dapat memberikan pemahaman baru untuk lebih mengerti kedua jenis kamera tersebut.

Written by Mas Tahu
Seorang penulis baru yang mencoba mencari tahu arti dari sebuah hidup ini. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *