Tekno

Perbedaan Hosting dan VPS

Written by Ichsan Penulis · 1 min read >
perbedaan hosting dan VPS

Harianku.net – Seorang blogger atau pembuat website tentunya sudah tidak asing lagi dengan hosting dan server. Ya benar, keduanya memiliki kesamaan yaitu untuk mengolah dan menyimpan data. Tapi terdapat beberapa perbedaan antara Hosting dan VPS sehingga anda harus pilih salah satu dengan bijak.

Apakah nantinya anda pilih server atau hosting, itu semua tergantung kebutuhan. Kenalilah kebutuhan anda terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk membeli server atau hosting. Bahkan hosting sendiri dibagi menjadi 2 jenis berbeda menurut spesifikasinya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah perbedaan hosting dan server serta pengertiannya.

Hosting

Secara umum, hosting adalah tempat untuk penyimpanan data website. Hosting menjadi bagian dari server, jadi dalam 1 server terdapat beberapa hosting berbeda. Sehingga hosting dinilai lebih ekonomis ketimbang server. Hosting sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu shared hosting dan cloud hosting. Keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda, karena penggunaannya.

Shared Hosting

Dari namanya saja kita sudah mengetahui jika shared hosting adalah hosting yang dibagi dengan pengguna lain. Dalam 1 database penyimpanan, ada banyak data yang tersimpan di dalamnya. Jadi ketika pengguna lain kebanjiran trafik hingga overload, maka website kita juga akan terkena dampaknya. 

Shared hosting menjadi pilihan hosting yang murah dengan space yang lumayan. Sehingga sangat cocok untuk website yang masih kecil atau medium dengan trafik tidak lebih dari 10000 visitor per hari. Dan buat anda yang masih pemula di dunia website, saya rekomendasikan untuk menggunakan shared hosting supaya ngerti terlebih dahulu atmosfer perhostingan.

Cloud Hosting

Ukuran yang lebih besar untuk penggunaan hosting ialah cloud hosting. Cloud hosting adalah salah satu tipe web hosting yang menggunakan berbagai server dimaksudkan untuk menjaga uptime agar tetap stabil dan untuk menyeimbangkan beban. Sehingga jika ada salah satu server bermasalah, maka server lainnya masih dapat menopang website anda. Sehingga uptime akan benar benar terjaga dengan baik. 

Baca Juga  7 Wifi Terbaik dan Termurah Mulai Rp100 Ribuan Unlimited

Adapun kelebihan dari cloud hosting ialah uptime yang lebih stabil, dedikasi alamat IP, kemudahan untuk upgrade, dan resource yang private serta besar. Secara sederhana, cloud hosting adalah shared hosting rasa VPS. Jadi ini sangat cocok dipilih jika anda tidak ingin budget mahal untuk menyewa server dan ingin kapasitas yang lebih besar ketimbang shared hosting.

VPS (Virtual Private Server)

VPS adalah kependekan dari Virtual Private Server yang dimana anda mendapatkan akses dengan resource yang jauh lebih besar ketimbang cloud hosting. Jika diibaratkan dengan bangunan kondominium, VPS adalah apartemen yang berjejer dan bisa anda gunakan semua. Jadi full yang manage anda dan milik anda, meskipun server masih tetap bareng dengan yang lain. Tapi tenang saja, meskipun website lain over trafik, website anda tidak akan terkena pengaruh.

Kelebihan VPS ialah memiliki kapasitas bandwidth dan memori yang lebih banyak, tidak terkena dampak ketika situs lain yang satu server overload, dapat mengakses root server, lebih stabil, dan cepat. 

Tapi kekurangan VPS ialah anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menyewanya per bulan. Selain itu anda dituntut paham teknis masalah manajemen server. Karena server sepenuhnya anda manajemen, bukan pihak sananya. Jadi jika anda tidak memiliki tim IT atau tidak paham, lebih baik gunakanlah cloud hosting.

Demikian adalah penjelasan mengenai perbedaan hosting dan VPS. Jadi sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan website anda baru anda membeli layanan hosting yang sesuai. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *