Hiburan, Hobi

Nonton Film Korea: Review Film The Call

Written by Dewa Artikel · 3 min read >
nonton film korea the call

Harianku.net – Sepertinya nonton film korea, bisa jadi alternatif mengisi waktu luang. Biasanya alasan durasi menjadi pilihan utama. Sebetulnya film korea ini banyak bermunculan. Tapi selalu ada yang sangat berkesan, salah satunya adalah film The Call.

Film The Call disutradarai oleh Lee Chung-hyun dan tayang perdana pada November 2020 lalu. Film ini mengusung genre thriller, namun tidak hanya menyajikan kisah-kisah misterius, tapi juga permainan logika menguras emosi. Lee Chung-hyung memberikan pertunjukan psikologis, juga “liarnya” ide.

Alasan Kenapa harus Lihat The Call

nonton film korea the call
Sumber Gambar: https://www.netflix.com/title/81342505

Film Korea yang satu ini, memiliki perpaduan yang menarik antara perjalanan waktu dan emosi. Lee Chung-hyun sebagai sutradara menyajikan adegan-adegan yang sangat mengagumkan. Terlebih ketika melihat permainan para tokohnya.

Para Pemain Utama dan Pendukung

Mendapuk Park Shin Hye sebagai salah satu tokoh utama. Tentu menjadikan film ini sayang untuk dilewatkan. Karena tidak bisa dipungkiri, selama ini permainan Park Shin Hye terbilang mumpuni. Salah satu aktris favorit di Korea Selatan.

Ketika melihat apa yang sedang diperagakan olehnya, kita seolah akan ikut dalam ketakutan, kekhawatiran akan masa akan datang, dan penyesalan yang mendalam terhadap masa lalu. Sebagai Seo Yeon, kita akan melihat bagaimana kebingungan dan kemarahan itu terpendam dalam dirinya.

Kemudian tokoh utama selanjutnya, Jeon Jong Seo yang berperan sebagai Young Sook. Sebagai anak angkat yang disiksa terus menerus oleh ibu tirinya. Dia berhasil membangun karakternya dengan kuat. Seorang gadis yang keras kepala dan begitu membenci ibunya. Jeon Jong Seo menyembunyikan karakter seorang psikopat dari Seo Yeon dengan mendebarkan.

Kemudian Lee El, Kim Sung Ryung, Oh Jung Se dan tokoh-tokoh lainnya yang perannya pun tak kalah menariknya. Kesinambungan antar pemain, menjadikan adegan di setiap menitnya berhasil membangun suasana mencekam. Bahkan, ari tokoh-tokoh pendukung inilah, karakter si tokoh utama muncul dengan kuat.

Tema yang Diangkat

Pernahkah kita ingin mengulang masa lalu? Ingin sekadar memperbaiki sesuatu atau bertemu dengan seseorang lebih lama? Inilah yang menjadi garis merah dari film ini. Ketika nonton film korea ini, kita akan disuguhkan perjalanan waktu Seo Yeon.

Baca Juga  Baca Manga One Piece Chapter 1011: Spoiler dan Jadwal Rilis

Perjalanan waktu yang digarap oleh Lee Chung Hyun begitu menakjubkan. Perpaduan keadaan antara masa kini dan masa lalu begitu kental. Berawal dari rasa saling membutuhkan, hingga kemudian keinginan untuk saling menghabisi nyawa.

Sinopsis Film The Call

Berkisah tentang Kim Seo Yeon yang mengalami kisah supranatural dalam hidupnya. Berawal dari kepindahannya pada rumah yang dibeli orang tuanya. Tinggal seorang diri, dan mulai mendapat teror. Berawal dari sebuah panggilan telepon yang disangka salah sambung.

Sang penelepon mengaku bernama Young Sook, yang ternyata hidup 20 tahun yang lalu. Young Sook sendiri, ternyata pernah tinggal di rumah yang sama dengannya, Dan dari panggilan telepon tanpa kabel lah, mereka berkomunikasi. Bermula dari cerita Young Sook mengenai penyiksaan-penyiksaan yang dilakukan ibunya. Seo Yeong menjadi teman yang sangat berempati padanya.

Seo Yoon pun sangat membenci ibunya, karena diduga menjadi penyebab kematian ayahnya. Mereka memiliki kebencian yang sama pada ibunya. Hingga kemudian, Seo Yoon meminta bantuan Young Sook untuk menyelamatkan ayahnya. Seo Yoon ingin mengubah masa lalunya, dengan bantuan Young Sook.

Kemudian, gantian Young Sook meminta bantuannya untuk memberi informasi dari masa depan tentang pembunuhan oleh ibunya. Akhirnya mereka saling ketergantungan. Namun ternyata, Young tidaklah sepolos dan sebaik yang Seo Yoon kenal.

Tapi ternyata Seo Yoon mulai sadar, jika dia sudah terjebak dalam permainan Young Sook. Dikendalikan oleh orang di masa lalu, membuat masa kini Seo Yoon begitu membingungkan baginya.

Value dari Film The Call

Ketika sedang nonton film korea, rasanya banyak sekali pesan moral yang didapat. Meski dengan durasi yang relatif pendek, tentu saja. Pendeknya durasi tidak membatasi pesan yang disampaikan. Termasuk juga film The Call. Ada beberapa pesan yang berkesan, setelah selesai melihat film ini:

Menjalani Waktu dengan Baik

Dari yang terlihat dari film ini, waktu menjadi sesuatu yang sangat sakral. Masa kini maupun masa lalu, jalannya tersendiri. Mungkin, kita sudah pernah mendengar ungkapan “apa yang terjadi masa kini adalah sebab dari masa lalu”. Ungkapan ini benar adanya.

Baca Juga  Nonton Film 365 Days: Terlalu Liar dan Erotis

Masa kini yang dimiliki Seo Yeon tetap berubah meski dia melakukan perintah Young Sook. Justru ketika dia begitu ingin ayahnya hidup kembali, hal-hal yang menakutkan mulai terjadi. Teror yang tak berkesudahan datang silih berganti. Sebab, dalam hidup memang ada hal-hal yang tidak bisa kita ulang dan kembalikan.

Berdamai dengan Masa Lalu

Seo Yeon, adalah gambaran manusia yang begitu ingin mengubah masa lalu. Banyaknya kejadian menyedihkan, membuatnya menyalahkan masa lalu. Padahal, yang tidak disadarinya adalah tentang menerima setiap waktu yang berlalu.

Young Sook yang mengetahui kelemahan Seo Yeon akan masa lalu, menjadikannya senjata untuk bertahan pada waktunya sendiri. Sedangkan Seo Yeon semakin terlihat tidak berdaya.

Menghargai Kebersamaan

Hal ini tentu akan nampak jelas dari Seo Yeon. Bagaimana dia ingin menghabiskan harinya, bersama orang-orang dekatnya. Namun ternyata, hal ini juga tidak terlalu berdampak, sebab pengaruh Young Sook begitu kuat padanya.

Keberhasilan Film The Call

Lee Chung Hyun, rasanya berhasil membangun opini para penonton. Namun kemudian, tiba- tiba ditunjukkan adegan yang diluar perkiraan. Mengejutkan. Pada setiap babak film ini, rasa penasaran itu begitu kuat. Menebak bagaimana adegan selanjutnya atau bagaimana akhir perjalanan mereka berdua.

Sebagai sutradara, tentu Lee Chung Hyun telah memikirkan dengan masak setiap adegan dalam ini. Sebab hal ini juga terlihat dari efek transisi perpindahan waktu, setting perbedaan waktu hingga suasana setiap babaknya. Suatu yang mencekam, mengejutkan dan menyedihkan berhasil disampaikan dengan begitu cantik.

Film The Call, merupakan film yang menggambarkan hubungan sebab akibat yang mengerikan. Alur maju mundur yang disajikan dengan menakjubkan, menjadikan setiap editing film memiliki kesan mewah. Hal ini akan tampak pada transisi periode waktu, emosi dan tokoh pelaku. Membuat para penonton seolah selalu hadir di sana.

Ketika nonton film korea ini, kita memang akan berjalan dalam paralel waktu yang berbeda, perbedaan karakter tokoh yang berbeda. Meski demikian, justru film ini menjadi thriller yang tidak hanya menegangkan, namun juga penuh dengan teori. Tentu saja, bagian credit dari film ini tidak kalah mengejutkan dan membingungkan.

Penutup

Wajah Young Sook tak menua dan terpenjaranya Se Yeon? Silakan nikmati film ini, dan berhentilah bertanya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Tentu saja, salah satu hal diharapkan dari para penonton film ini adalah, “apakah akan ada sekuelnya?”. Sebab, terlalu banyak kemungkinan yang belum bisa terjawab, bahkan sampai credit yang begitu ajaib ini tayang.

Kamu siap nonton film Korea ini? Tonton film ini di Netflix.

Written by Dewa Artikel
Nothing to prove, know your worth Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *