Digital, Tekno

Macam Macam Browser Terkenal dan Banyak Penggunanya

Written by Ichsan Penulis · 2 min read >
macam macam browser

Harianku.net – Saat kita hendak menjelajahi internet pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya browser. Browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuka halaman sebuah website di internet. Browser sendiri juga biasa disebut peramban web, karena sifatnya yang menjadi alat untuk ngerayap. 

Sebenarnya ada banyak sekali software browser yang ada di internet. Cuman kita biasa menjumpai browser Mozilla dan Google Chrome saja, padahal lebih dari itu. Anda bisa mengganti browser yang anda miliki agar sesuai dengan kebutuhan. Lalu apa saja macam macam browser yang ada di internet? Simak artikel ini sampai beres.

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah salah satu browser yang cukup terkenal dan banyak penggunanya. Hampir setiap PC pasti memiliki browser ini. Mozilla Firefox memiliki tingkat keamanan yang sangat baik dengan segala bentuk ancaman seperti malware, spyware, dan beberapa virus lainnya. Virus virus tersebut jika masuk ke dalam sistem komputer, tentu akan sangat membahayakan, apalagi malware yang dapat merusak sistem komputer.

Selain itu, Mozilla Firefox memiliki fitur Turbo yang digunakan untuk menghilangkan iklan iklan mengganggu seperti pop up banner. Sehingga tidak perlu memasang extension adblock sepertinya sudah bagus. Fitur unggulan lainnya ialah PDF reader, tab history, dan support hampir semua add ons. 

Google Chrome

Browser kedua yang cukup terkenal ialah Google Chrome. Browser ini dirilis pada tahun 2008 dan telah menjadi browser terbaik untuk saat ini. Google Chrome berhasil menjaring 65% pengguna browser di seluruh dunia. Jangan heran, karena Google Chrome juga pasti related dengan mesin pencari yang terbesar di dunia, Google. 

Baca Juga  Lebih Baik Modem atau Tethering? Ketahui Juga Kelebihan dan Kekurangannya

Google Chrome memiliki kelebihan utama yaitu kecepatan. Google Chrome mampu membuka halaman website yang kompleks sekalipun dengan kecepatan yang baik dan stabil. Sehingga banyak orang yang memutuskan untuk menggunakan Google Chrome. Selain itu, desain brwoser ini juga cukup minimalis, tingkat keamanan yang tinggi, terhubung langsung dengan Google, dan support di semua extension.

Namun ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Google Chrome. Di antaranya ialah terlalu banyak memakan RAM. Chrome dinilai lebih berat ketimbang browser Firefox atau Safari. Selain itu, Chrome juga masih banyak bug. Seperti tidak bisa meload beberapa display, dan lain sebagainya.

Opera Mini

Awal peluncuran browser Opera Mini, banyak pengguna ponsel bersistem Java yang menggunakannya. Browser keluaran Norwegia di tahun 1995 ini mengeluarkan fitur yang baru di sistemnya, yaitu anti crypto jacking. Fitur ini mencegah orang untuk membobol uang dari pengguna browser ini. 

Sayangnya sebelum tahun 2016 yang dimana fitur anti cryptojacks ini muncul, banyak orang yang beralih ke browser lain. Hal ini dikarenakan Opera Mini tidak melakukan pengupdatean sistem dalam waktu yang cukup lama. Kelebihan lain dari browser ini ialah keringanannya. Ukurannya yaitu hanya 8,1 MB di android.

UC Browser

Browser keempat yang menjadi primadona banyak orang ialah UC Browser. Browser ini memiliki segudang fitur melimpah yang belum tentu dimiliki oleh browser lainnya. Adapun fitur yang disediakan oleh UC Browser ialah data compression, cloud synchronization, fast download, dan lain sebagainya. 

Selain itu anda bisa bookmark dengan cepat dan mudah di browser ini. Jadi secara otomatis akan muncul di layar smartphone anda ketika membuka UC Browser. Bahkan browser ini seringkali menyajikan berita yang fenomenal, hots, dan memicu viral. Ini menjadi keuntungan pemilik media yang mempromosikan kontennya di UC Browser.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Performa Laptop dengan Mudah dan Praktis

Demikian penjelasan tentang macam macam browser. Setiap orang memiliki browser andalannya masing masing. Jadi pilihlah browser yang sesuai dengan gaya anda ya. Di browser sendiri juga tersedia fitur extension yang berupa addons. Fitur ini bisa dipasang di browser, tapi tidak setiap extension support semua browser. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *