Tekno

Lebih Baik Modem atau Tethering? Ketahui Juga Kelebihan dan Kekurangannya

Written by Ichsan Penulis · 1 min read >
lebih baik modem atau tethering

Harianku.net – Tak dapat dipungkiri internet telah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Terlebih ditengah masa pandemi saat ini yang mengharuskan masyarakat belajar dan bekerja dari rumah secara online. Mau tidak mau mereka pun harus punya kuota untuk selalu terhubung dengan internet.

Anda bisa gunakan modem atau tethering agar tersambung dengan internet. Untuk mengetahui mana yang lebih baik modem atau tethering? Cari tahu yuk kelebihan dan kekurangan keduanya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Modem

Modem memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini:

Kelebihan Modem

  1. Lebih efisien karena bisa disambungkan ke beberapa perangkat, seperti laptop, handphone dan tablet secara bersamaan hingga puluhan perangkat. Karena sambungan internet dipancarkan melalui wifi. 
  2. Hemat baterai handphone dan tidak membuat handphone panas.
  3. Hemat biaya, karena berbagai perangkat hanya menggunakan satu modem dengan satu paket data bersama-sama.
  4. Menjangkau sinyal secara luas. Bila dibandingkan dengan ponsel yang hanya bisa menerima sinyal terbatas jaraknya. Modem WiFi bisa menerima sinyal dari provider operator seluler dengan maksimal. Hasilnya, smartphone, PC dan laptop yang terhubung ke modem WiFi akan menerima cakupan sinyal dengan cara mudah dan banyak. Dengan jangkauan maksimal 30 meter.

Kekurangan Modem

  1. Butuh tempat untuk meletakkannya,  meskipun ukuran modem kecil
  2. Sulitnya memantau status modem, karena tidak adanya indikator dalam modem. 
  3. Tidak bisa menggunakan sumber dari tegangan itu sendiri. Jadi, harus dipasok dari catu daya di CPU.
  4. Bisa meningkatkan suhu pada CPU. Karena pengaruh panas dari komponen pada modem internal.
Baca Juga  Laptop Untuk Animasi 3D Terbaik pada tahun 2021

Itulah kelebihan dan kekurangan dari modem, untuk tahu mana yang lebih baik antara modem dan tethering, kini mari kita bandingkan dengan kelebihan kekurangan dari tethering di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Tethering

Sama halnya seperti modem, Tethering juga punya kelebihan dan kekurangan tersendiri, yaitu:

Kelebihan Tethering

  1. Simple dan cepat, tanpa harus menunggu lama untuk terhubung dengan internet. Tidak seperti modem yang butuh proses loading yang cukup lama 
  2. Efisien terhadap pemakaian kartu perdana, karena koneksi data ke PC atau handphone bisa menggunakan satu kartu perdana dengan 1 paket internet. Tidak seperti modem yang mengharuskan Anda membeli kartu perdana plus paket internet, agar modem dapat digunakan.
  3. Tidak menyebabkan port USB ke PC dan laptop panas ketika sedang melakukan loading atau transfer data. 
  4. Gadget canggih jaman sekarang memiliki bandwidth kecepatan transfer data yang cukup tinggi untuk kelas 3G, 4G dan HSPA. Tidak seperti modem yang memiliki bandwidth terbatas, dan bila ingin bandwidth yang lebih cepat dan tinggi maka harganya pun lebih mahal

Kekurangan Tethering

  1. Menimbulkan efek tidak baik bagi hardware handphone, karena  menyebabkan pada perangkat gadget yang bekerja keras untuk transfer data ke Laptop atau sesama handphone. 
  2. Kurang baik bila terlalu lama digunakan untuk hotspot,  hal ini karena bisa menyebabkan handphone jadi terlalu panas.
  3. Koneksi kurang stabil bila dibandingkan dengan modem, terlebih bila digunakan untuk bermain game online. Biasanya jaringan akan terputus-putus.
  4. Membuat baterai handphone cepat habis karena handphone akan bekerja ekstra keras.
  5. Harganya yang lumayan mahal

Nah, setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari modem maupun  tethering, sekarang tentu Anda sudah dapat menilai mana yang lebih baik modem atau tethering untuk Anda gunakan. Jadi bagaimana modem atau tethering ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *