Gaya Hidup

4 Fakta Jam Beker Lebih Baik Ketimbang Menggunakan Ponsel Sebagai Alarm

Written by Dewa Artikel · 2 min read >
Jam-Beker

Harianku.net – Telepon selular atau ponsel tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Si telepon pintar itu juga bisa membangunkan tuannya di pagi hari. Hampir semua orang sekarang menggunakan ponsel sebagai alarm mereka. Bukan hanya di pagi hari, namun untuk pengingat kegiatan atau aktivitas tertentu yang dilakukan di siang hari.

Kamu boleh saja menyetel alarm di ponsel sebagai pengingat rapat atau pekerjaan lainnya. Namun sebaiknya kamu perlu berpikir ulang memasang alarm pada ponsel untuk membangunkanmu di pagi hari.

Jauh sebelum era ponsel atau smartphone, orang-orang menggunakan jam beker sebagai alarm di pagi hari. Kamu pasti tahukan jam beker, biasanya berbentuk bulat kecil, diletakkan di meja tak jauh dari tempat tidur. Kamu bisa mengatur waktu dan menyetel alarmnya. Jam akan berbunyi di waktu yang telah ditentukan.

Jam Beker
Sumber Gambar: https://my-best.id/13867

Suara jam beker ini begitu keras dan seringkali bikin kaget. Suaranya yang ‘mengganggu’ itu akan membuat kamu bergegas terbangun. Tidak ada tombol tunda pada jam beker, juga membuatmu bergegas bangun dari tidur.

Rupanya untuk alarm di pagi hari jam beker ini lebih baik lho, ketimbang alarm pada smart phone.

Kok bisa sih? Berikut ini 5 fakta mengapa sebaiknya kamu tidak memasang alarm pada ponsel.

  1. Menganggu Kualitas Tidur
    Kamu akan cenderung memainkan atau mengotak-atik ponsel sebelum tidur. Tujuan utamanya memang memasang atau mengaktifkan alarm, paling tidak memastikan bahwa alarm pada ponselmu masih aktif. Menggunakan ponsel sebelum tidur rupanya dapat memperburuk kualitas tidur. Waktu tidurmu terasa lebih singkat. Cahaya pada ponsel juga dapat membuatmu tidak langsung terlelap. Tentu saja ini bisa menyebabkan gangguan atau menurunkan kualitas tidur.

    Demikian pula ketika kamu memencet tombol tunda pada ponsel ketika alarm berbunyi. Tanpa sadar kamu akan merasa gelisah, karena beberapa saat lagi akan terbangun. Ini juga akan menganggu kualitas tidurmu.

  2. Menganggu Rutinitas Pagi
    Ketika Anda terbangun di pagi hari, selain mematikan alarm sebagian besar kemudian akan membuka panggilan, pesan, dan juga mungkin email pekerjaan. Tentu ini akan membuat aktivitas Anda di pagi hari menjadi tertunda. Anda butuh waktu lebih lama untuk memulai aktivitas pagi dan menyelesaikan semuanya. Misalnya mencuci piring, menyiapkan sarapan, mencuci baju, dan lain-lain. Jika Anda buru-buru mengerjakan rutinitas pagi tentunya juga tak baik untuk kesehatan.

    Selain itu, Anda akan cenderung bermalas-malasan di tempat tidur, sesaat setelah mematikan alarm. Aktivitas memeriksa pesan dan membalas pesan membuat tanpa terasa waktu Anda akan semakin banyak terbuang.

    Berbeda ketika kamu menggunakan jam beker. Kamu akan otomatis terbangun dan mematikan jam beker. Perhatianmu tidak akan teralih pada hal-hal lain yang akan menunda pekerjaanmu di pagi hari.

  3. Tidak Terdengar Keras
    Suara alarm pada ponsel tentu tidak sekeras alarm pada jam beker. Volume bisa saja mengecil, ketika Anda tidak sengaja memencet atau mengaturnya dengan suara pelan. Ini membuat Anda bisa saja mengabaikan suara alarm pada ponsel. Bisa juga karena Anda menganggapnya itu adalah panggilan telepon, lantaran tak ingin tidur terganggu Anda memilih abai dan mendiamkan sampai alarm tersebut berhenti sendiri.

    Ponsel bisa saja tertindih atau tertutup bantal selama kamu tidur. Memang sih tidak disarankan meletakkan ponsel di tempat tidur. Namun sebagian orang masih kerap menyimpan ponsel di samping bantal.

  4. Ponsel Mati
    Sebagian besar dari kita pasti pernah menggerutu, alarm tidak berbunyi. Sebabnya ponsel yang mati kehabisan baterai. Kamu pernah? Ini bisa berakibat fatal lho. Semua urusanmu bisa terbengkalai gara-gara kamu bangun kesiangan. Itu sebabnya menggunakan jam beker lebih dianjurkan untuk membangunkanmu di pagi hari. Meski kamu sudah mengisi daya ponsel, seringkali kamu terlupa dan tidak memeriksa ponsel sebelum tidur.
Baca Juga  Mengapa Baca Manga Harus Dari Kanan Ke Kiri?

Nah, itu dia empat fakta mengapa jam beker lebih baik menjadi alarm di pagi hari dibandingkan ponsel sebagai alarm. Mungkin zaman sekarang ini menggunakan jam beker sebagai alarm dianggap kuno. Namun tidak ada salahnya dicoba untuk memperbaiki kualitas hidupmu.

Written by Dewa Artikel
Nothing to prove, know your worth Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *